Categories: Digital Marketing

Belajar Copywriting: Membuat Copywriting yang Menjual

Membuat copywriting yang menjual sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar dan pebisnis online lainnya untuk SEO website. Seorang penulis bahkan pebisnis online pasti tidak asing dengan yang namanya copywriting. Teknik menulis ini sangat sering digunakan untuk menarik pembacanya.

Jika anda sering beriklan dengan media seperti televisi, radio, email marketing dan sebagainya itu bukan faktor penentu keberhasilan iklan. Akan tetapi dengan menggunakan kata-kata atau pesan dengan copywriting akan meningkatkan pembaca dan keberhasilan iklan jauh lebih besar.

Pengunaan copywriting juga dapat meminimalisir biaya iklan karena dari copywriting pembaca akan memberikan interaksi berupa klik dan tingkat konversinya akan tinggi.

Pada artikel ini anda akan belajar tentang teknik copywriting, jenis-jenis, dan langkah-langkah membuatnya.

Apa itu Copywriting?

Copywriting adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis (Copywriter) guna untuk keperluan komersial dan biasanya untuk keperluan iklan. Sekedar info bahwa copywriting dulunya hanya digunakan pada billboard, sales letter, dan media tulis lainnya.

Namun sekarang copywriting dianggap penting dan digunakan dalam buku, naskah video, podcast dll. Dan yang sekarang paling sering digunakan oleh digital marketer adalah:
a. Naskah landing page
b. Artikel blog
c. Email newsletter
d. Headline iklan berbayar (facebook, instagram, dan google)

Untuk itu anda perlu belajar membuat copywriting yang menjual agar SEO website dan produk anda keluar dipencarian google.

Jenis-jenis Copywriting

1. Direct Response Copywriting

Copywriting ini sangat berfungsi untuk anda yang sedang mencari atau mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen. Contohnya seperti berlangganan ebook, ecourse gratis dll.

2. Marketing Copywriting

Jenis ini berfokus pada penawaran produk yang anda berikan. Baik produk fisik, jasa, dan produk digital. Dimana jenis ini bertujuan meyakinkan pelanggan untuk membeli produk anda.

3. Brand Copywriting

Copywriting yang berfokus pada pengenalan brand produk atau brand perusahaan anda. Dimana anda dapat menceritakan bisnis atau produk anda ke calon konsumen tentang perbedaan bisnis/produk anda dengan kompetitor.

4. SEO Copywriting

Jenis ini bertujuan untuk mendapatkan posisi pertama di pencarian google, youtube, yahoo dan sebagainya. Copywriting ini sering digunakan untuk artikel dan headline iklan berbayar agar mudah dicari calon pelanggannya.

Belajar Membuat Copywriting yang Menjual

1. Pelajari Produk/layanan Anda

Dengan mengenal dan mengetahui keunggulan produk, anda akan lebih mudah dalam memasarkannya. Untuk itu anda wajib mengetahui apa yang akan anda pasarkan sebelum memasarkannya.

Setelah mempelajari produk, silahkan tulis informasi produk atau layanan anda dalam bentuk deskripsi agar anda punya referensi dalam produk penulisan copywriting nanti.

  • Apa keunggulan produk/layanan anda dari yang lain?
  • Apa manfaat yang didapatkan?
  • Apa bonus yang siap anda berikan?

2. Pahami Kebutuhan Calon Pelanggan Anda

Dengan memahami kebutuhan pelanggan, anda akan lebih mudah menargetkan audianse yang cocok untuk produk/layanan anda. Sebenarnya copywriting bukanlah keuntungan anda, melainkan manfaat yang calon pelanggan anda dapatkan ketika membeli/menggunakan jasa anda.

Contohnya saja jika anda menawarkan helm motor tetapi kepada orang yang menggunakan mobil. Tentu saja itu tidak sesuai dengan target market anda. Untuk itu perlu yang namanya memahami kebutuhan calon pelanggan anda.

3. Tentukan Headline yang Menarik

Coba bayangkan jika anda melihat iklan di facebook atau google pasti yang anda lihat pertama kali adalah judul atau headline dari iklan tersebut. Untuk itu pentingnya membuat headline yang menarik perhatian calon pelanggan anda agar menklik iklan anda.

Kreatifitas memang dibutuhkan dalam membuat headline yang menarik. Namun jika anda mempraktikan langsung pasti tidak sesulit yang dibayangkan. Sebagai saran sebaiknya anda membuat headline:

  • Buat huruf kapital di kata tertentu, contoh: DISKON KEMERDEKAAN 70% hanya hari ini
  • Jelaskan manfaat yang anda tawarkan
  • Buat pembaca ingin segera membeli

4. Lead yang Menarik

Jika headline anda sudah bagus maka lead atau isi penjelasan anda/artikel juga harus menarik calon pembeli. Saran saja sebaiknya:

  • Memberikan Empati seperti: Apakah anda pernah mengalami ini? (lanjutkan dengan cerita singkat anda)
  • Tambahkan fakta seperti: Dari riset tahun ini, produk …. sangat cocok untuk segala jenis kulit
  • Buat calon pembeli penasaran seperti: Penasaran dengan caranya? Simak artikel ini!

5. Akhiri dengan Persuasi

Sebagus apapun copywriting anda di headline dan lead tetap harus memberikan ajakan ke calon pembeli untuk membeli produk, subscribe konten, dan lainnya. Untuk membuat ajakan tersebut anda perlu menggunakan call-to-action atau CTA. Dengan demikian anda sudah siap menawarkan produk anda.

Simpulan

Membuat Copywriting yang Menjual tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu mengetahui teknik-tekniknya dan bagian-bagian tertentu yang perlu ditonjolkan seperti: headline, lead, dan persuasi. Dengan demikian anda akan siap melakukan iklan atau pemasaran produk dan jasa anda. Jika anda masih ingin belajar tentang digital marketing silahkan baca artikel yang ada di blog ini. Dan jika anda ingin belajar cara beriklan di facebook dapat klik link ini.

Tags: Copyriting
lavaadmin

Recent Posts

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pelajar

Mendapatkan uang dari internet merupakan kebutuhan setiap orang dimana sekarang semua serba online. Ternyata tidak sulit lo mendapat uang dari… Read More

3 minggu ago

7 Tempat Download Template PPT Gratis – Lava Solution

Slide presentasi yang menarik dan elegan merupakan tujuan para presentator untuk menarik audiance serta menghilangkan kebosanan. Akan tetapi tidak semudah… Read More

1 bulan ago

Pentingnya Media Sosial Untuk Bisnis Anda

Media sosial saat ini sangat populer dikalangan pebisnis karena dapat menjangkau lebih banyak dan meningkatkan penjualan. Konsumen indonesia diperkirakan menjadi… Read More

1 bulan ago

Belajar SEO Blogger Pemula – Lava Solution

Belajar SEO Blogger Pemula sangat membantu anda yang masih awam dalam membuat artikel yang mudah dicari. Masih banyak yang belum… Read More

1 bulan ago

Belajar Copywriting Facebook Meningkatkan Penjualan

Belajar copywriting facebook dapat meningkatkan penjualan anda terutama untuk anda yang suka beriklan di facebook. Jika anda sudah pernah beriklan… Read More

1 bulan ago

Belajar Copywriting Dewa Eka Prayoga

Belajar copywriting dewa eka prayoga mengajarkan pentingnya copywriting untuk memperbesar konversi penjualan dengan memanfaatkan 3 detik pertama. Pandangan pertama atau… Read More

2 bulan ago

This website uses cookies.